Object Oriented Programming (OOP) / Pemrograman Berbasis Objek (PBO) adalah :
- konsep pemrograman yang menerapkan konsep objek , dimana objek terdiri dari atribut (informasi-informasi mengenai objek) dan method ( prosedur/proses) yang bisa dilakukan oleh objek tersebut.
- Software/Perangkat lunak terdiri dari objek-objek yang saling berinteraksi.
Hirarki paradigma konsep dalam PBO diantaranya adalah :
Class
Class adalah cetak biru/prototipe/pendefinisian dari suatu benda. Didalam class-lah attribut dan method suatu object didefinisikan. Contoh : Manusia, Window
Object
Object adalah bentuk instance/nyata/real/hidup dari sebuah class. Contoh :
- Shelly:Manusia (Object Shelly mempunyai Class Manusia)
- Form1:Window (Object Form1 mempunyai class Window)
Encapsulation
Penggabungan antara data (attribut) dengan prosedure (method) yang mengolahnya.
Inheritance
Penurunan sifat (attribut dan method) dari Class Parent (SuperClass) ke Class Child ( SubClass). Ini menandakan bahwa OOP mendukung konsep code reuse dimana data-data yang ada di class parent bisa di kenal di kelas child.
Polymorphism
Sebuah kemampuan dari sebuah objek untuk bekerja dalam berbagai bentuk . Penggunaan umum polymorphism biasanya digunakan ketika sebuah reference dari class parent digunakan untuk mengacu ke class child.
Lebih lengkap dapat di unduh pada menu materi kuliah >> PBO.